Pemusnahan barang bukti yang telah inkracht

Pemusnahan barang bukti yang telah inkracht

Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu, Riau pada Kamis (19/07/19) melakukan pemusnahan barang bukti di halaman Kantor Kejari Inhu. Hal ini sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Inhu, Hayin Suhikto dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu, Hendrizal, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu, Miswanto, Kasat Narkoba Polres Inhu, Iptu Jalifer Lumbantoruan, Plt Kepala Rutan Kelas II B Rengat, Irdiansyah Rana, Pasi Ter Kodim 0302 Inhu, Bambang K Tarigan

Barang bukti yang dimusnahkan oleh Kejaksaan terdiri dari narkoba jenis shabu-shabu seberat 6,34 gram, Narkotika jenis Pil Ekstasi 0,6 gram dan ganja 1,59 gram. Selain narkoba, uang palsu senilai Rp 1.950.000, dengan pecahan seratus sebanyak empat lembar dan pecahan lima puluh berjumlah tiga puluh satu (31) lembar   di waktu bersamaan dimusnahkan.

Selanjutnya, senjata api sebanyak lima pucuk beserta amunisi yang masih aktif pemusnahanya tersendiri (terpisah), menggunakan mesin pemotong.

Kepala Kejari Indragiri Hulu Hayin Suhikto, dalam sambutanya mengatakan, ” barang bukti yang dimusnahkan ini perkara dari bulan Januari 2018 hingga Mei tahun 2019, sebanyak 85 perkara. Ini kita lakukan agar tidak menyalahi penggunaanya,” ucapnya.